Kamis, 30 Oktober 2008

Kerbau Dan Pak Tani

Di dusun Banjarsari yang tenang dan damai tinggal seorang petani bernama pak Rohmad . Dia dijuluki Rohmad rajin karena dia rajin bekerja . Dalam mengolah sawahnya pak Rohmad dibantu kerbau peliharaannya bernama boleng . Boleng sangat disayangi oleh pemiliknya . Tiap hari dimandikan di sungai dan kandangnya selalu bersih . Saat subuh menjelang si Rohmad sudah bangun dia langsung menuju kandang si Boleng . Dia menyapa : " hai boleng kau sudah bangun kan , bagaimana tidurmu semalam ? Wah saya sudah bangun sejak tadi bos , habis saya tidak bisa tidur gara-gara banyak nyamuk ' jawab si kerbau . Ha ha sama dong aku tadi malam juga digigit nyamuk . Kau sudah siap kerja to ? Tanya pak Rohmad lagi . Siap pak ! Jawab boleng penuh semangat . Berangkatlah mereka ke sawah seperti biasa untuk membajak . Mereka berdua penuh semangat bekerja sampai tak terasa sudah pukul 9 menjelang siang . Si boleng bergumam ' pak aku sudah lelah nih ' oh sama dong , aku juga lelah ayo istirahat dulu ! Jawab si Rohmad . Saat itu juga istri pak Rohmad datang membawa makanan dan minuman . Hai boleng kamu juga lapar kan , aku juga lapar mari sarapan dulu kamu makan rumput aku makan getuk . Mereka sama-sama lelah juga sama-sama lapar . Siang semakin panas matahari semakin tinggi . Boleng mengeluh 'bos aku kepanasan nih ' . Wah sama dong aku juga kepanasan tapi sabar sedikit lagi selesai kok . Menjelang pukul 12 siang terdengar dari kejauhan suara azan berkumandang . Dasar kerbau dungu dia tanya pada pak Rohmad 'pak itu suara apa to ? Kok tiap pagi siang sore dan malam selalu berbunyi ? Oh itu namanya kumandang azan ' jawab petani . ' Azan itu apa sih pak ? Tanya kerbau lagi . O o kamu memang kerbau dungu azan itu panggilan agar manusia sholat ! Jawab pak rohmad . Gitu to bos , tapi kenapa bapak tidak sholat ? Tanya kerbau lagi . Kalau tuan tidak sholat berarti sama dong sama saya ! . Pak Rohmad kaget , betul juga kata boleng kalau dia tidak sholat dia sama saja derajatnya dengan hewan . Hewan dan manusia sama-sama butuh makan , minum ,istirahat dan lain-lain . Yang membedakannya hanyalah bila manusia wajib sholat hewan tidak wajib sholat . Kini dia tersadar bahwa orang yang mendengat azan akan segera sholat . Tapi dia diam saja alias sama dong

Tidak ada komentar: